Manusia merupakan makhluk yang egois. Mungkin butuh beberapa kali disadarkan akan kesombongan mereka. Merasa dirinyalah yang paling baik. Merasa kelompoknya lah yang paling benar.

Ternyata benar adanya bahwa manusia disebut homososial. Mereka hidup saling membutuhkan satu sama lain, sesama manusia. Yang membuatnya tidak bisa hidup sendiri dan selalu berkelompok. Yang memegang teguh paham kelompoknya sebagai salah satu harga dirinya.

scene

Suatu saat pun jika manusia ditakdirkan untuk punah dan digantikan oleh hewan yang lebih pintar, maka manusia akan dengan angkuhnya mempertahankan eksistensinya baik sebagai makhluk yang mereka anggap tertinggi, dan sebagai pemegang kuasa bumi ini.Padahal justru hal itu lah yang membuatnya menjadi makhluk yang semakin rendah.

Jika memang itu adalah naluri, maka akan lebih manusiawi saat akal lebih diutamakan dibanding hanya menuruti naluri. Manusia sebagai makhluk pertama yang diberi akal seharusnya mempertahankan eksistensinya dengan cara tersebut.

555debe50423bdbc168b456c

Bertahan dengan berdampingan, terasa lebih baik dan lebih damai dibanding saling memusnahkan demi pemeganv kuasa bumi.  Harga diri bukan lah hal yang akan memgantarkanmu ke surga. Keangkuhan juga tidak akan menjagamu dr kemusnahan. Survival, bertahan hidup, adalah menaggalkan sesuatu yang mengancammu dan menjaga sesuatu yang bermanfaat untukmu.

Jadi, ada saatnya apa yang kita miliki sekarang, akan diambil dari kita. Untuk apa kita yang tidak bisa menjaganya terus menerus meninggikan harga diri dan kesombongan yang justru akhirnya menjatuhkanmu?

 

(Inspired by : the war for the planet of the apes)