Sutradara : Martin Scorsese

Screenwriter : William Monahan

Cast : Matt Damon, Leonardo diCaprio, Jack Nicholson

leonardo_dicaprio

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Leonardo diCaprio ke-43 yang jatuh pada tanggal 11 November kemarin, maka maraton film-film Leonardo menjadi jadwal dalam satu bulan ini.  Film pertama yang akan di bagikan adalah Departed Alasan utama yang menjadikan ini film pertama adalah karena pemainnya. Kapan lagi dua idola masyarakat ini dipertemukan kalau bukan di film ini. Leonardo diCaprio dan Matt Damon. Dua pria idaman wanita.

Bercerita tentang dua detektif yang mempunya latar belakang berbeda dan membawanya kealur yang berbeda pula. Collin Sullivan (Matt Damon) yang lahir dari keluarga miskin, namun besar dan dididik oleh mafia besar bernama Frank Costello (Jack Nicholson) dan berakhir menjadi kaki tangannya. Collin akhirnyapun masuk kepolisian dengan bantuan Costello dan menjadi mata-matanya di kepolisian. Berbeda dengan Billy Costigan (Leonardo diCaprio) yang lahir dari latar belajang berbeda yang berakhir menjadi mata-mata kepolisian di jaringan mafia Costelo. mereka berduapun mendapat kepercayaan yang baik di tempat kerjanya masing-masing.

departed-1_730x419

Collin Sullivan dan Billy Costigan

bukan hanya terpukau oleh penamoilan aktornya, plotnyapun hadir dengan amat segar. alur klasik seperti mata-mata – ketahuan – kelar – jadi pahlawan, tidak akan ditemui di film ini. Proses untuk menemukan pelaku tidak berjalan dengan singkat dan sederhana, dan itu bukan hanya menjadi satu-satunya konflik yang disuguhkan pada penonton. Karena anda sebagai penonton harus sadar bahwa kenyataan tak semulus harapan, bahkan, kenyataan yang dipaparkan di film.

sinematografi yang kekinian tentu tak bisa anda jumpai pada film keluaran 2002 seperti Departed. Karena itu, marilah kita lupakan itu sejenak, dan beralih kepadan penempatan musik di beberapa adegan yang patut di apresiasi. Musik klasik yang menemani Costello saat beraada di sebuah studio berwarna merah dan beberapa adegan sejenis lainnya meningkatkan nilai artistik dalam penggambaran adegan. adegan seperti ini adlaa adegan yang cukup memorable, seperti halnya adegan saat pak Tua membisikkan sebuah rahasia pada Hendra di Film Pengabdi Setan. Karena mudah diingat secara visual dan audio, orang-orang bahkan sampai membuat guyonan soal adegan tersebut. Jadi bisa dibilang cara ini cukup cerdas untuk membuat film membekas di ingatan penontonnya.

08warner.xlarge1

Costello dan Costigan

Ada beberapa tanda tanya yang muncul dan masih belum terjawab hingga film selesai. seperti saat castigo ketahuan oleh salah satu anak buah Costello namun tidak dilaporkan, adegan ini belum memberikan jawaban yang bisa saya tangkap. Namun, itu kembali lagi ke tingkat konsentrasi dan kepahaman masing-masing penonton. Jika diantara anda ada yang memiliki jawabannya, atau mempunyai teori menarik tentang film ini, silahkan share di kolom komentar :).

Skenario yang dibuat berhasil memainkan emosi penontonnya. Konflik yang digali secara mendalam tidak hanya berhenti pada permukaan, dengan membuka fakta sedikit demi sedikit di setiap konfliknya membuat cerita semakin menarik untuk diikuti. pembawaan cerita dengan membuat dua alur dari sisi Collin dan Costigo lalu dipertemuka oleh Costello merupakan cara yang cerdas untuk menguatkan karakter masing-masing tokoh, dan tidak terkesan berat sebelah. sudut pandang yang diberikanpun lebih luas sehingga penonton bisa menilai sendiri karakter tersebut.

Departed mengajarkan kepada kita bahwa bagaimanapun caramu menyelamatkan diri, maut bukan sesuatu yang bisa dihindari. bukankah akan lebih baik saat kita melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan kematian yang bisa datang kapanpun?

selalu lakukan yang terbaik dan teruslah berkarya disetiap hari anda 🙂

 

Salam Hangat,

Matahari