Sutradara : Luca Guadagnino
Screenplay : James Ivory
Novel : Andre Aciman
Pemain : Timothee Chalamet, Armie Hammer, Michael Stuhlbarg

MV5BNDk3NTEwNjc0MV5BMl5BanBnXkFtZTgwNzYxNTMwMzI@._V1_

Setelah perenungan panjang, diskusi dengan beberapa teman, akhirnya aku memutuskan untuk berbagi sama kalian soal film kontroversial yang satu ini. Bukan (hanya) karena lagi males nulis, tapi film ini membawa konten yang sangat sensitif di Indonesia, terlebih di lingkup sosialku. Ya, kontennya adalah soal homoseksual, dan terlebih lagi LGBT ini lagi jadi salah satu topik panas di Indonesia sebelum peristiwa kartu kuning muncul bersama mahasiswa ber jas kuning. Yaa jadi jangan harap aja bakal nemu film ini di bioskop kesayangan anda.

MV5BYTRhOTU2MmYtNDU5Mi00M2NmLWFmNjUtNjBiMzkwZTEwNjgxXkEyXkFqcGdeQXVyMzI3NjY2ODc@._V1_SX1777_CR0,0,1777,999_AL_

Elio (Timothee Chalamet) adalah anak dari seorang profesor yang setiap tahunnya selalu mendatangkan mahasiswa untuk menjadi asistennya. Dan pada musim panas ini, hadirlah Oliver (Armie Hammer), seorang mahasiswa dari Amerika ke kediaman mereka. Oliver bukanlah seseorang yang dapat kamu abaikan begitu saja, badannya yang kekar dan tinggi, wajahnya yang menarik hati, kepribadiannya yang easy going dan tentu wawasannya yang gak sempit sangat mudah untuk membuat orang tertarik padanya. Termasuk Elio, anak tuan rumahnya. Dari situlah timbul sesuatu yang diterjemahkan menjadi jatuh cinta oleh keduanya. Kata-kata yang nempel banget di otakku karena juga keluar di trailernya dan jadi judul filmnya :

“Call me by your name, and i call you by mine” -Oliver

Menjelang akhir, disajikan percakapan antara seorang anak dan ayah. disitu ada pidato panjang seorang ayah (Michael Stuhlbarg) dimana banyak quotes yang bisa dikutip buat caption foto instagram didalamnya. Membawa kesan bahwa film ini melibatkan kekeluargaan didalamnya.

MV5BMmExNWJlYWItYWQ0NC00MGRhLWIxMDUtNjE2ZTEzMDRkMGE5XkEyXkFqcGdeQXVyMzI3NjY2ODc@._V1_SX1777_CR0,0,1777,999_AL_

Ada beberapa aspek yang bikin aku pengen bagiin film ini ke orang lain. Paling pertama dari pemainnya. Dua cowok ganteng, yang satu dari kalangan anak muda yang masih fresh dan yang satu lagi dengan penampilannya yang sudah matang, tentu sebenernya udah cukup memanjakan mata. Ditambah hampir 80% di film ini, mereka berdua bertelanjang dada dan pake celana super pendek. wah po gak kelar kelar lek istighfar sambil mengagumi perawakan keren seorang Armie Hammer. Tapi tampang bukan segalanya si, Timothee Chalamet gak mungkin masuk nominasi Oscar, dan jadi The Youngest Nominee ever cuma karena ganteng. Kabarnya sekitar 3 minggu sebelum rehearsal dia udah ada di lokasi buat belajar gitar piano dan bahasa Itali. Entah totalitas apa gimana, Chemistry Elio dan Oliver tu dapet banget. ini sih yang paling membekas bahkan sampe kamu kelar nonton filmnya. Cara Timothee buat merealisasikan perasaannya Elio itu terkesan nyata dan tulus. Dalem. padahal sepengetahuan aku mereka berdua bukan homoseksual. Jadi ini yang mungkin jadi PR berat juga buat keduanya untuk menghidupkan hubungan yang mereka sendiri gak pernah ngejalanin. real.

MV5BYjA4OTE5YWQtOGJhMC00NjA2LTg4ZWMtMDc3YTg2MjdmYTYzXkEyXkFqcGdeQXVyMzI3NjY2ODc@._V1_SX1777_CR0,0,1777,999_AL_

Kedua, adalah pemilihan lagunya. Lagu-lagu yang dimainin pake piano, pake gitar, dan soundtrack lainnya sangat memorable di kuping aku. Apalagi yang Mystery of Love nya Sufjan Stevens. Ini lagu lembut bangeet. Mungkin karena genrenya aja si yang nyatu sama kupingku makanya aku nagih banget sama lagu ini dan langsung dengerin lagu-lagunya si Sufjan. Tapi pemutaran lagu di momen yang tepat bikin kesan lagu ini semakin membekas, dan atmosfer dari scenenya langsung berasa dalem banget gitu. Entah apa yang kalian rasain kalo nonton, tapi apa yang aku rasain adalah kebahagiaan mereka saat itu kebahagiaan yang pilu. Mereka kaya buat dunia mereka sendiri, menghindar dari tekanan dan persepsi yang mungkin akan timbul. Dibalik air terjun yang deres dan indah banget, ditengah bukit yang seger banget, mereka berdua ketawa bahagia menikmati momen mereka berdua, tapi dengan diputernya lagu ini aku ikut ngerasain kebahagiaan mereka dan entah kenapa aku iba walau aku ikut bahagia. maksud gak sama yang aku bilang bahagia yang pilu? Makanya si dalem.

Armie Hammer and Timothée Chalamet in Call Me by Your Name (2017)

Konsep dan persepsi yang aku singgung tadi yang bakalan jadi bahasan terakhir. Jujur aja persepsi orang tentang homoseksual disekitar aku itu ya meng-hetero kan yang homoseksual. maksutnya adalah dalam pasangan homoseksual di bayangan kami ya ada yang jadi cewek, ada yang jadi cowok. dan mungkin emang banyak dari pasangan homoseksual yang kaya gitu. Tapi dari sudut pandangku habis nonton film ini ya mereka sama-sama cowok. Gak ada dari Elio apalagi Oliver yang feminin. Mereka cowok dengan karakternya, dan sifatnya masing-masing. Jadi, buat aku ini baru aja di otakku (sori main nya kurang jauh haha).

MV5BN2RiNTkzZWQtN2VmYy00ODY5LWE4MTEtOGQ4YTQ2M2M4ZjE5XkEyXkFqcGdeQXVyMzI3NjY2ODc@._V1_

Oke, mungkin sebelumnya aku perlu bilang aku adalah orang yang termasuk kontra dengan LGBT, dan di film inipun aku gak menyoroti konsep per LGBT-an yang ramai diperbincangkan banyak orang. Aku lebih menyoroti humanitynya. sisi kemanusiaan yang kadang orang lupakan dari mereka yang homoseksual. Denger gosip dikit kalo dia suka cewek ngehindar, denger cerita dia melambai diledek. banyak dari kita yang menganggap mereka objek obrolan, lamalama lupa kalo mereka orang yang juga punya perasaan, dan bahkan LGBT adalah sesuatu yang didorong karena perasaan. Kalo kata Pak Mahfud MD kita kontra sama perilakunya, bukan orangnya. karena kita kontra, bukan berarti kita menjaga jarak dan menjauhi, Sedangkan sejatinya kalo orang dakwah itu merangkul bukannya memukul. untuk ngerangkul kita butuh ngerti, butuh dengerin apa yang mereka rasain. dan film ini ngasih aku gambaran dan referensi tentang hal itu. membuka pikiran tentang hal-hal yang tabu, lalu memisahkan apa dan siapa.

Eniweeiii, ini publik, siapapun berhak berpendapat asal memperhatikan etika yang ada. jadi kalau ada yang punya pemikiran bagus tentang topik ini silahkan berbagi 🙂

Salam Matahari,
-090217