Buat yang udah baca postingan sebelumnya ( Hidup dalam Ingatan ) pasti otaknya udah mulai menerka-nerka, membayangkan apa makna memori dalam hidup kita. Gimana rasanya kalu memori itu hilang, gimana rasanya mereka yang hidup hanya dengan sebagian dari memorinya. Jadi buat referensi langsung aja aku kasih beberapa film rekomendasi tentang ingatan.

1.The Vow (2012)
Sutradara : Michael Sucsy
Pemain : Channing Tatum, Rachel McAdams

Ini kisah teripirasi dari kisah nyata sepasang kekasih bernama Kim and Krickitt Carpenter, yang di film ini namanya diubah jadi Paige (Rachel McAdams) dan Leo (Channig Tatum). Mereka adalah pasangan bahagia, baru nikah pula. Kerjanya udah sama-sama mapan, sesuai sama impian mereka. Pokoknya apapun idealisme dan impian kalian soal sepasang kekasih mereka punyalah. Tapi roda hidup ternyata gak berhenti sampe disitu, suatu ketika mereka harus mengalami titik balik dimana mereka mengalami kecelakaan mobil, dan berakibat pada Paige yang amnesia parsial (iya bukan ya namanya?). Intinya dia kehilangan ingatannya selama beberapa tahun terakhir termasuk momen saat dia ketemu dan nikah sama suaminya, Leo. Sedih banget gak si segala memori bahagia mereka cuma leo yang inget. Kalian kalo mau liat flm ini siapin diri buat baper parah oleh usaha Leo untuk ngembaliin ingatan istrinya.

2. Nareul Itjimarayo/ Dont Forget Me (2016)
Sutradara : Yoon Jung Lee
Pemain : Jung Woo Sung, Kim Ha Neul

lanjut ke film baper selanjutnya adalah Film Korea berjudul Dont Forget Me. Seok Won (Jung Woo Sung) mengalami insiden yang membuat dia lupa ingatan. kerjaan, temen-temennya, semua dia gak inget. kaya orang linglung gitu lah jadinya. Life keeps moving, diapun bertemu dengan seorang wanita bernama Jin Young (Kim Ha Neul), daaan merekapun jatuh cinta. Seok Won akhirnya menikmati hidup barunya sekarang bersama kekasihnya. Tapi dia mulai mencari dan teringat oleh ingatan masa lalu yang berdampak pada hubungan mereka. Nah, Film ini selain bikin baper, konsepnya juga bikin kita ngeh akan sesuatu gitu. dan film ini juga alasan aku nulis post ini dan post sebelumnya.

3. Memento
Sutradara : Christopher Nolan
Pemain : Guy Pearce
Leonard Shelby (Guy Pearce) mengalami sebuah insiden yang membuat dia lupa ingatan jangka pendek, sehingga dia harus mencatat kejadian dan informasi penting lainnya di Foto dan tubuhnya. berbekal informasi tersebut Shelbypun berusaha mencari penyebab dan pelaku dari insiden tadi , yang juga telah merenggut nyawa istrinya. Yaa, layaknya film Christopher Nolan yang lainnya, film ini mikir parah. Plotnya yang maju mundur, bisa bikin kamu bingung kalo gak konsentrasi. Jadi siapin air mineral dan jangan lupa makan tapi jangan kenyang-kenyang biar mudeng nonton ini, kalian gak akan nyesel sama ceritanya kok.
4. Black Mirror Season 1 Episode 3 (2011)
Sutradara : Brian Welsh
Pemain : Tobby Kebbel, Jodie Whittaker

kali ini berasal dari Seriesnya Netflix, tenang aja kalian ga harus nonton semua episode biar paham karena di series ini tiap episode ceritanya beda-beda. Kebayang gak kalo memori kalian semuanya bisa direkam dan bisa diatur mana yang mau disimpen dan di hapus kaya kamera? (enak banget kalo kacamata ilang tinggal liat lagi hahha). Nah episode “The Entire History of You” ini konsepnya dari situ, dan sentral ceritanya ada di sepasang suami istri Ffion (Jodie Whittaker) dan  Liam (Toby Kebbel). Tapi ceritanya lebih nyeritain tentang efek negatifnya si, mungkin karena genrenya emang gitu. Film ini bagus banget buat kritik sosial dan pengingat buat kalian yang pada ga bisa move on (bhahahaha)

5. Before I Go to Sleep
Sutradara : Rowan Joffe
Novel oleh : S. J. Watson
Pemain : Nicole Kidman, Colin Firth, Mark Strong

“Andai tidur bisa bikin aku lupa sama masalahku”. Nah bersyukurlah kalian yang yang pernah berandai gitu dan gak terkabul. Christine Lucas (Nicole Kidman) mengalami itu, tiap bangun tidur dia lupa apapun termasuk siapa dia. Jadi, suaminya, si Ben Lucas (Colin Firth), harus jelasin dia TIAP PAGI tentang siapa aku siapa kamu dimana kita dan blablabla. di kamar mandipun dipasang foto-foto mereka biar Christine  bisa menyerap informasi dari situ (sweet banget yak). Akhirnya Christine menemui Dr. Nasch (Mark Strong) untuk mencari tahu penyebab dari hilang ingatannya. jadi dia setiap malem sebelum tidur nge-vlog dulu seharian ngapain aja terus kameranya disimpen. kalian kalo nonton film ini lebih baik berdua sama gebetan deh biar kalo kaget bisa nggelendot :3. sumpah btw ini film thriller mistery yang enak buat kehidupan romance kalian HAHAHA.

6. Ghajini (2008)

Sutradara : A.R. Murogaddos

Pemain : Amir Khan, Asin

Beranjak ke negeri sejuta lagu sejuta penari, Bollywood. Mirip-mirip kayak memento Sanjay Singhania (Amir Khan) juga mengalami insiden yang bikin dia lupa ingatan jangka pendek dan kehilangan ceweknya, Kalpana Shetty (Asin). Tapi memiliki jalan cerita, latar belakang, dan suasana yang beda banget sama memento. Film Ghajini berasa gelap dan brutal walaupun tetap ada joget ria acaaca-nya. Sanjay harus bawa catatan kemana-mana biar tetap ingat alasan dia disitu. yaa, benar, buat balas dendam sama yang bikin dia jadi kaya gitu. As always penampilan Amir Khan selalu memukau mataku  :33

7. A Moment to Remember (2004)
Sutradara : John H. Lee
Pemain : Son Ye Jin, Jung Woo Sung

Dipertemukan dengan pertemuan yang awkward Kim Su Jin (Son Ye Jin) yang pelupapun jatuh cinta sama seorang bad boy Choi Chul Soo (Jung Woo Sung). Perjalanan cinta mereka yang penuh lika-liku, dan juga diselipi beberapa drama keluarga tentunya bikin film ini menjadi penyentuh hati yag sangat ampuh. Apalagi saat diketahui bahwa Kim Su Jin menderita penyakit Alzheimer yang juga pernah diderita neneknya. Usaha Choi Chul Soo biar istrinya bisa menjalani hidup seperti biasa sweet banget. Apalagi Visualisasi cinta mereka, dan Chemistry mereka tu indah banget, sukses bikin aku termehek mehek. siapin banyak tisu dan tempat gelendotan lah pokoknya buat nonton film ini.

8. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)
Sutradara : Michel Gondry
Pemain : Jim Carrey, Kate Winslet

“….letih disini, kuingin hilang ingatan~~” Kalian yang kalau waktu habis patah hati nyetel lagu Rocket Rockers yang ini dengan volume gede-gede, silakan datang ke klinik yang didatangi Joel Barish (Jim Carrey) waktu habis putus sama pacarnya, Clementine kruczynski (Kate Winslet). Tapi jangan harap ngelupain mantan bakal segitu mudah walau udah dibantu sama psikiater. Kadang ada ingatan yang tetap ingin kau simpan seberapapun gak enaknya itu buat kamu. Silahkan nonton film ini biar paham. konsepnya unik, visualisasi juga asik. tapi siapin aqua, kalian butuh konsentrasi buat nonton film ini.

Nah, itu beberpa film rekomndasi dari aku. Aku juga ga tau kenapa isinya kisah cinta semua, mungkin banyak orang yang ingatannya terganggu karena cinta (bahahhaha). Atau mungkin karena cinta yang paling rekat menetap dengan memori. Yang jelas kalau ada yang punya rekomedasi lain silahkann share 🙂
Salam Matahari