Chernobyl : Rahasia yang Menuntun ke Tragedi

Tonton trailernya disini

Sudah tidak asing lagi jika menyebut Kota satu ini. Selain dibesarkan oleh mini series yang mendapat banyak pujian, kisah Chernobyl sudah lama mencuri perhatian publik akan tragedi Nuklir yang merenggut ribuan nyawa. Cerita demi cerita yang ditutupi dibuka satu persatu dan akhirnya menuntun kita pada kebenaran dari tragedi yang juga masih menyimpan rahasia.

Uji Keselamatan yang Tidak Selamat

Ledakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang terjadi di Chernobyl terjadi saat sedang menjalankan “uji keselamatan”. Bencana ini bisa jadi lebih buruk dan mematikan banyak kota-kota lain jika tidak ditangani dengan baik. Maka Series ini mengajak kita mengikuti investigasi dan penghentian kebakaran yang berlangsung selama berhari-hari.

Bagi Penonton yang ingin mendalami dan memahami sebab akaibat dari ledakan ini, tidak perlu khawatir karena 2 tokoh karakter ilmuwan (Vallery Legasov dan Ulana Khomyuk) akan menjelaskan hal tersebut. Untungnya jika Anda kesulitan memahaminya, tokoh Boris Shcherbina akan membuatnya lebih sederhana untuk Anda. Bahkan di setiap episode akan terdapat feturette dari film maker dan aktor yang menceritakan tentang tragedi, bukan pembuatan seriesnya. Sehingga membantu penonton untuk memhami lebih lanjut tentang ceritanya.

Mengambil Banyak Sudut Pandang

Terdiri dari 5 episode, series ini berhasil menceritakan tragedi tersebut dari berbagai sudut pandang. Membuat kita memahami peristiwa yang terjadi pada 26 April 1984 itu dengan runtut dan luas. Diawali dengan scene bunuh diri, Film maker menekankan bahwa adegan itu memang harus diawal. Sehingga kita dapat menangkap cerita ini sebagai tragedi sepenuhnya, dengan memahami bahwa protagonis akan mati pada akhirnya. Bagaimana bisa tidak bersimpati dengan pembuka yang demikian iba.

Walau sudut pandang utama yang diambil adalah dari sang ilmuan, Vallery Legasov, tidak semata mata menjadikannya satu-satunya pahlawan. Banyak tokoh yang memang nyata dalam cerita ini, mengorbankan dirinya dengan sadar maupun tidak untuk keselamatan orang lain. Bahkan setiap ceritanya disampaikan dengan pilu dan juga menyentuh. Bagaimana seorang istri yang tak ingin menjaga jarak dari suami yang sudah melepuh kulitnya karena radiasi yang tinggi. Atau cerita tentang pembersihan zona evakuasi oleh relawan dari sipil yang berujung pada dehumaniasi. Juga cerita tentang buruh yang harus menyelam ke tangki dan penambang yang harus menggali dengan kesadaran bahwa mereka akan terpapar radiasi dan tidak ada jaminan pengobatan nantinya. Masih banyak lagi, dan akan sangat panjang jika hanya membahas tentang adegan menyentuh dari 5 episode nya.

Menarik Simpati

Simpati terus dibangun dengan berbagai cara. Selanjutnya penonton akan disuguhi adegan yang sangat kontras dengan musik dan pengambilan gambarnya. Yang paling mencolok adalah saat Anak-anak melompat dan tertawa bahagia, bersama rombongan kelurga lain yang menonton kebakaran di jembatan kereta api, dibawah hujan abu yang sudah pasti terpapar radiasi. Lengkap dengan Slow Motion dan scoring cello yang berat seperi mengajak penoton untuk berfikir tentang bagaimana akhir dari keluraga bahagia ini?

Tidak hanya protagonis, kita diberi kesempatan untuk memahami (walau mungkin tidak bersimpati) tokoh antagonisnya. Latar belakang dan informasi yang diberikan tidak serta merta menyalahkan mereka sepenuhnya. Bahwa tragedi tersebut muncul dari hal yang paling manusiawi yang bisa jadi kita semua juga memilikinya.

Penutup

Jika Jared Haris selaku lakon Valery Legasov mengataskan yang paling mengejutkan adalah kejadian itu sendiri, Sanag Sutradara (Craig Mazin) sendiri menyampaikan bahwa yang paling menarik perhatiannya adalah bagaimana keadaan saat ini. Keduanya sama-sama juga menyepakati bahwa bunuh dirinya protagonis memang tragedi, yang akhirnya mengantarkan kebenaran ini pada dunia.

Series ini juga berhasil menyampaikan kebenaran tersebut dengan indah dan dalam. Bahkan mereka juga tidak lupa untuk menyampaikan keadaan saat ini yang tak kalah mengejutkan. Untuk tema dan bahasan yang cukup berat, Penonton dapat mudah memahami dan ikut menaruh hati pada series ini. Bisa jadi ikut menggali ketertarikan untuk mengulik informasi tentang Chernobyl Disaster

Tribute to Valery Alekseyevich Legasov (Played by Jared Harris)

Baiklah, demikian tulisan ini dibuat.

Thanks, And keep on watching!

-Cim

Baca tulisan terakhir : [ Webtoon ] Demi 5 kg : Drama yang Menguras Emosi

Leave a Comment