Hidup dengan Ingatan

Mengapa kehilangan ingatan bisa begitu menakutkan bagi sebagian orang? kau boleh saja berbagi denganku apa yang ada di benakmu saat membaca pertanyaan ini. Tapi sebelumnya, biarkan aku membagikan terlebih dahulu apa yang ada di benakku.

Aku tidak benar-benar tau apa yang mengerikan dari hal itu. Maksudku, kau bisa saja menjalani hidupmu tanpa merisaukan rasa bersalah akan hal yang pernah kau lakukan sebelumnya. Kau bisa selalu menjadi orang baru yang kau inginkan tanpa mempedulikan apa latar belakangmu dulu. tak perlu tertekan dengan kejadian yang sudah terjadi. “itu aku yang dulu yang bahkan aku tak ingat, kenapa kau ungkit dengan aku berbeda? aku yang berdiri saat ini!”. nah, terdengar mudah bukan?

Mungkin karena manusia membawa begitu banyak ingatan yang mereka ingin simpan. seperti halnya emas yang kau simpan berbatang, batang di bank, ataupun jutaan uang yang kau simpan rapat-rapat di bank andalanmu. Beberapa ingatan tumbuh menjadi hal-hal berharga yang menyimpan berjuta rasa, berjuta arti. sehingga saat ingatan itu hilang, kau akan berusaha untuk memunculkan ingatan itu lagi, mencari lagi, mengingat lagi. kau tak ingin hidup dengan kekosongan yang tertinggal.

Mungkin memang benar bahwa ingatan bisa saja membawamu kepada sesuatu yang sangat kau benci, yang kau takuti. Hingga kau berfikir Ah, akan lebih baik kalo aku lupa akan hal ini. ya, kau pikir lebih baik kalau amnesia berteman denganku kali ini dibandingkan kenang yang menyusutkan harap demi harap kian hari.

Tapi, tidakkah kau berpikir saat kau melupakan sebuah kesalahan, untuk kedua, ketiga, dan kesekian kalinya? Seperti kaset yang kau rewind berulang kali, kisah mu tak akan sampai pada akhirnya. Hanya terus menerus melakukan kesalahan yang sama. Kau hanya akan jatuh cinta pada orang yang sama lagi jika kau memutuskan untuk melupakan kenangan pahitnya. Yaa, memang membahagiakan pada awalnya, tenang seolah tak ada satupun kejadian yang pernah mengecewakanmu. Seolah semua akan baik-baik saja. Tapi kamu, tetaplah dirimu dengan watak yang sama. Lupa membuatmu tidak belajar dari kesalahan yang telah lalu. Apa yang pernah kau lakukan sebelumnya tidak mustahil untuk terulang kesekian kalinya.

tumblr_static_tumblr_static_2tf9ran0jjms0ck04oswks4cs_640

Ah, inikah yang membuat orang begitu ingin menjaga ingatannya? untuk menjaga dirinya dari kesalahan yang akan terulang. menghindarkan dirinya dari tempat yang tak ingin dia tuju, menjauhkannya dari rasa yang ia benci. karena ingatan dengan segala informasi yang dibawanyapun mengangkut berbagai rasa didalamnya. Menjadi peringatan akan masa lalumu. Karena ingatanlah yang membawa pribadi manusia.

Bagaimana? apakah benak kita menyuarakan hal yang sama? silahkan berbagi dengan kawanmu, berbagi dengan duniamu, berbagi denganku 🙂

Butuh referensi tentang hidup dengan ingatan? Baca : Rekomendasi Film “Hidup dengan Ingatan”

-Cim

Leave a Comment