Rekomendasi Film: KOREAN TRUE STORY MOVIE!

Nah, beberapa bulan yang lalu Film-film yang diangkat dari kisah nyata menjadi santapan Aku sehari-hari. Sensasinya yang dihadirkan adalah membuka mata dan pikiran tentang dunia ini. Tertanyata banyak kejadian yang tidak terpikirkan akan benar-benar terjadi di dunia ini yang justru dilakukan oleh manusia. List kali ini singkat akan singkat saja. Aku dengan senang hati akan membahas lebih dalam jika memang banyak yang tertarik. Inilah beberapa rekomendasi Korean true story movie :

A Taxi Driver (2017)

download

Bisa dibilang tulisan ini dimulai karena aku nonton film A Taxi Driver. Film tentang seorang supir taksi yang harus mengantar seorang reporter jerman pergi ke Kota Gwang-ju untuk meliput berita tentang Pemberontakan Gwang-ju. Film dengan latar belakang tahun 1980-an ini terasa sangat cerah, klasik, tapi juga sangat, menyentuh. Film tentang perjuangan seperti ini selalu berhasil membuat hati trenyuh.

1987 – When The Days Come (2018)

1987-when-the-days-come-e1524370373961

Selanjutnya, adalah film yang terkesan menlanjutkan film A Taxi Driver. Namun memiliki tensi yang lebih tinggi bahkan dari awal sampai akhir film. Tidak hanya Gwangju, kali ini fokusnya lebih ke Korea Selatan pada saat itu. Jalan ceritanya banyak mengingatkan aku sama sejarah indonesia pada jaman 98, banyak sekali adegan menyayat hati yang juga mengingatkan Aku dengan suasan di novel Laut Bercerita. Film ini sangat bagus untuk menggunggah jiwa-jiwa yang loyo.

May 18 (2007)

220px-May_18_(film)

Masih dengan tema dan latar belakang yang sama,  May 18 adalah sebuah film yang masih menceritakan tentang Pemberontakan di Gwang-ju. Ketiga film diatas berhasil membuat  aku cukup mengenal peristiwa bersejarah ini dengan sangat emosional. Terlebih di film May 18, mengambil sudut pandang dari penduduk Gwang-ju pada saat itu. Hubungan kakak beradik sebagai sentral cerita membuat film ini berhasil menarik simpati penontonnya.

Silmido (2003)

17264661_1472987036087142_2815397323212702806_n

Mari kita beranjak dari GwangJu ke sebuah pulau bernama Silmido. Pulau ini telah menjadi saksi bisu dari terbentuknya unit khusus yang dilatih untuk membunuh pimpinan Korea Utara pada saat itu (Kim Il Sung), yakni Unit 685. Anggota unit ini adalah tahanan yang sudah dijatuhi hukuman mati. Para tahanan ini dilatih dengan sangat keras, dari dibentak-bentak, dicebur-ceburin, sampe digebukin, bahkan di tempelkan besi panas hany untuk membentuk mental prajuritnya. Naasnya setelah semua latihan yang sangat keras itu yang berhasil membuat mental yang sangat kokoh, tepat di detik-detik terakhir misi tersebut dibatalkan karena masalah politis. Alhasil karena alasan politis pula, mereka harus berakhir dengan sangat tragis.

Memories of Murder (2003)

d042eecb0c401ea6aafe5b461795d91e

Pindah ke genre crime. Memories of Murder diangkat dari kisah nyata tentang pembunuh berantai pertama dalam sejarah korea. film ini menceritakan tentang proses 2 orang polisi dalam menyelidiki kasus pembunuh berantai wanita di desa tersebut, dan mencoba untuk menangkap pelakunya. salah satu yang menarik adalah bahwa film ini mengangkat tentang bagaimana pencitraan polisi yang buruk dalam penyelidikan kasus ini, sedangkan kita diperlihatkan dari sudut pandang seorang pollisi. Bisa dibilang film ini menarik iba/simpati penonton terhadap kegagalan polisi dalam menangkapn pelaku pembuhan yang keji ini.

Han Gong Ju (2013)

75b8f7c975b895db898c0c009da154ada0961292_hq

Kasus yang dikenal dengan nama Miryang Gang Rape, sepertinya cukup terkenal di Korea. Selain di filmkan kasus ini juga menjadi main case di salah satu series drama korea “signal”. Miryang Gang Rape merupakan kasus pemerkosaan seorang siswi oleh sekelompok siswa yang jumlahnya tidak kurang dari 41 orang. Film “Han Gong Ju”mengangkat sudut pandang korban jika selamat dari peristiwa tragis tersebut. Walaupun mempunyai jalan cerita yang berbeda dengan kasus aslinya, film ini sangat membantu dalam memberikan kita  gambaran bahkan jika korban selamatpun, peristiwa ini tidak akan berlalu dengan semudah itu.

Children… (2011)

220px-Children2011Poster

Masih dengan genre serupa, “Children…” bercerita tentang kasus yang dikenal dengan Frog Boys case. Pada tahun 1991, 5 orang anak dari Daegu hilang setelah pamit kepada orang tuanya untuk menangkap kodok. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun terlewati. Satuan khusus, media, dan beberapa tokohpun ikut andil dalam kasus ini. Barulah setelah 10 tahun berlalu anak-anak tersebut ditemukan sudah dalam wujud tengkorak, yang anehnya mereka ditemukan di bukit tidak jauh dari rumah mereka. Banyak kepiluan yang dihadirkan disini, orang tua yang meninggalkan pekerjaan demi mencari anaknya, orang tua yang bahkan dituduh sebagai pembunuh anak-anak tersebut, dan bahwa peristiwa ini disebut hanya untuk pengalihan dari pemilu pada saat itu. Siapkan hati yang lapang untuk menonton film ini gaes. Oh iya film ini juga pernah di ceritain sama Mas hansol di youtube nya.

Nah itu beberapa film yang aku rekomendasikan untuk ditonton. Masih banyak film lain yang diangkat dari kisah nyata, yang berarti masih banyak lagi potret kehidupan yang belum kita mengerti sebelumnya. Selalu buka pikiran dan hati kalian saat menonton film diatas agar dapat mengambil momen atau pesan yang paling sesuai dengan kalian.

Baca juga Rekomendasi Film : Hidup dengan Ingatan

Baiklah, demikian tulisan ini dibuat. Terimaksih and keep on watching

Leave a Comment